Bagaimana Cara Merawat AC Mobil Agar Lebih Awet dan Tahan Lama?

Berkendara menggunakan mobil dengan fasilitas AC di dalamnya memang dirasa sangat nyaman saat kita pergi kemana – mana. Selain karena kita dapat terhindar dari sengatan matahari di siang hari, juga dapat terhindar dari basah kuyup karena terkena air hujan. AC mobil yang bekerja sempurna sangat baik untuk memberi efek sejuk pada kabin mobil.

Keberadaan AC mobil dianggap cukup penting karena selain berfungsi untuk mengatur suhu, menjaga kebersihan pada ruang mobil dan menambah kenyamanan pada si pengemudi, AC mobil ini juga berfungsi untuk menghilangkan embun (uap air) pada saat hujan. 

Untuk menjaga kondisi AC mobil agar tetap optimal, awet dan tahan lama, ada beberapa tips yang dapat diterapkan pada AC Mobil Anda:

1. Menjaga Kebersihan Kabin

Cara termudah merawat AC mobil yaitu selalu menjaga kebersihan kabin dari debu dan kotoran. Pakailah karpet sebagai alas di dalam kabin agar debu dan kotoran yang menempel tidak langsung mengenai lantai mobil. Sebaiknya bersihkan kabin secara rutin, misalnya sekali sebulan. Tujuannya agar debu tidak menumpuk dan sulit dibersihkan.

2. Mencuci Bagian Kondensor

Kondensor AC mobil juga perlu dirawat dengan membersihkannya secara rutin agar tidak mudah berkarat atau korosi dan keropos.

3. Memarkirkan Mobil di Tempat yang Teduh

Jika kabin mobil terlalu panas karena di parkir di tempat panas untuk waktu yang lama maka akan mengakibatkan kerja AC terlalu berat saat dinyalakan.

4. Tidak Merokok di Dalam Mobil

Asap dari puntung rokok sangat berbahaya bagi AC mobil. Karena asap tersebut dapat diserap masuk ke dalam komponen AC melalui lubang filter. Asap rokok yang menempel di dalam kabin juga sangat sulit dihilangkan karena sifatnya yang pekat.

5. Matikan AC Saat Kaca Mobil Terbuka

Membuka kaca mobil terlalu sering menyebabkan debu dan kotoran mudah masuk ke bagian kabin sehingga kabin menjadi kotor. Tidak hanya itu saja, debu dan kotoran nantinya juga masuk ke dalam lubang AC yang mengakibatkan AC menjadi tidak dingin. Oleh sebab itu, sebaiknya matikan AC mobil setiap kali kaca mobil dibuka.

6. Hidupkan AC Setelah Menghidupkan Mesin Mobil

Kita seringkali menghidupkan AC sebelum mesin mobil dihidupkan. Cara ini salah dan dapat membuat AC cepat rusak. Alangkah baiknya untuk membiarkan mesin mobil hidup lebih dulu. Setelah itu, pastikan semua kaca tertutup lalu hidupkan AC.

7. Pengecekan Mobil ke Bengkel Secara Rutin

Membawa mobil ke bengkel juga menjadi kunci utama merawat AC. Pasalnya Anda akan mengetahui kerusakan apa saja yang terdapat pada mobil, termasuk pada komponen AC. Apabila ada kerusakan, maka dapat segera ditangani. Sehingga biaya yang dikeluarkan juga lebih murah karena kerusakannya tidak terlalu parah.

 

Leave a Reply