Sebagai wujud apresiasi kepada peserta didik, serta lembaga kursus dan pelatihan yang telah berhasil menciptakan berbagai kreasi dalam pendidikan vokasi, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy memberikan penghargaan kepada 19 pemenang Lomba Kompetensi Peserta Didik, Lembaga Kursus dan Pelatihan, serta Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSK) Terbaik tahun 2018.

Berbagai macam keterampilan dan keahlian, kata Mendikbud, merupakan pekerjaan-pekerjaan kreatif yang di dalam pemerintahan Kabinet Kerja Presiden Joko widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla termasuk jenis program yang diprioritaskan.

Pada kategori lomba Lembaga Kursus dan Pelatihan Berprestasi Tingkat Nasional tahun 2018, pemenangnya adalah Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Budi Mulya Dua Culinary School, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, memenangkan lomba kategori Rumpun Kerumahtanggaan; LKP Amanah Husada, Kota Probolinggo, Jawa Timur, memenangkan kategori Rumpun Kesehatan; LKP Solocom, Kota Surakarta, Jawa Tengah, memenangkan kategori Rumpun Jasa; LKP BPLE Tiara Course, Kota Denpasar, Bali, memenangkan kategori Rumpun Teknik; dan LKP Wisma Bahasa, Kabupaten Sleman, D.I. Yogyakarta, memenangkan kategori Rumpun Bahasa.

Mendikbud berharap, lembaga kursus dan pelatihan dapat menanamkan jiwa kreatif terhadap peserta didiknya. “Kita harus mengajari peserta didik kita untuk berkreasi. Orang yang cerdas itu adalah orang yang kreatif, orang yang bisa menghadapi situasi yang baru dan melakukan tindakan secara tepat. Setelah dilatih dapat membuat sesuatu yang baru,” pesan Mendikbud.

Leave a Reply