1-sejarah

BPLE Tiara Course (Balai Pendidikan dan Latihan Engineering Tiara Course) didirikan pertama kali oleh Bapak Ir. I Ketut Toya pada tahun 1985. Awal mulanya adalah Beliau yang seorang kontraktor listrik sangat kesulitan mencari tenaga kerja yang ahli dan professional di bidang mekanik listrik dan pendingin pada saat itu. Dengan niat untuk mempersiapkan calon –calon tenaga kerja yang akan dipakainya langsung, Bapak Ketut Toya melatih beberapa orang di bidang pendingin. Setelah 3 bulan dilatih ternyata tenaga – tenaga kerja yang dilatih ini mengundurkan diri untuk bisa berwiraswasta membuka bengkel sendiri. Hal ini beberapa kali terjadi, sehingga Bapak Toya mulai berfikir agar tidak rugi mendidik secara gratis maka Bapak Toya mulai menjadikan pelatihan ini sebagai kursus pendingin selama 3 bulan. Seiring dengan makin berkembangnya pengetahuan di bidang mesin pendingin ini, maka pada tahun 1990 kursus yang semula hanya berlangsung selama 3 bulan makin diperpanjang menjadi kursus 6 bulan.

Dan ternyata animo masyarakat makin lama makin meningkat. Hal ini terbukti dengan makin meningkatnya jumlah peminat kursus dan meningkatnya pesanan tenaga kerja alumni dari hotel – hotel yang pada saat itu mulai berkembang di Bali. Semakin berkembangnya teknologi maka makin tinggi tuntutan keterampilan yang harus dimiliki oleh para tenaga kerja teknik. Oleh sebab itu pada tahun 1992 di bawah naungan Yayasan Tiara Course (yang kini berganti nama menjadi Yayasan Tiara Catur Semaya) akhirnya BPLE Tiara Course merubah program kursus 6 bulan menjadi program pendidikan dan pelatihan selama 1 tahun yaitu Program Ahli Teknik Muda (Setara Diploma I) dengan nama program Engineering Perhotelan (Engineering Mechanical and Electrical).

Dengan ijin yang diperoleh dari Dinas Tenaga Kerja No. 10 / W.21 – PL / II / 1994 semakin lama BPLE Tiara Course semakin meningkat. Untuk mengisi peluang dan permintaan akan tenaga kerja dari perusahaan – perusahaan, maka pada tahun 1996. BPLE Tiara Course membuka Jurusan baru yaitu Engineering Otomotif, dan pada tahun 1997 dibuka jurusan Engineering Computer, pada tahun 2003 dibuka Jurusan Administrasi Teknik (Sekretaris Teknik), dan yang terbaru pada tahun 2006 BPLE Tiara Course membuka Jurusan Marketing Teknik. Tuntutan perusahaan yang semakin tinggi akan tenaga kerja yang ahli dan professional mendorong BPLE Tiara Course untuk meningkatkan alumninya pula, dari program 1 tahun (Ahli Teknik Muda) menjadi program 2 tahun (Ahli Teknik Madya). Dan mulai tahun 1999 BPLE Tiara Course membuka cabangnya di Singaraja, Buleleng (saat ini kampus cabang pindah ke kota Seririt, Buleleng).